Minggu, 29 Mei 2011

Bahasa Pemasaran

Dalam komunikasi pemasaran, ada 3 bahasa universal yang paling pupuler.

Yang pertama adalah Sex. Ini bahasa intuisi yang paling digemari praktisi pemasaran. Itu sebabnya, iklan dimanapun dipenuhi model-model cantik, tampan.

Bahasa yang kedua adalah Humor. Hampir semua iklan TV dipenuhi pelawak. Orang nonton TV motivasinya memang cari hiburan.

Bahasa universal yang ketiga adalah Takut. Takut adalah motivasi dasar kenapa orang membeli.

Konsumen punya kebutuhan tinggi terhadap rasa aman dan nyaman. Kalau anda telusuri, hampir semuanya produk punya akar ketakutan ini.
Misalnya :
- orang baca koran : takut akan ketinggalan informasi
- air mineral : takut terhadap polusi
- minum vitamin : takut sakit

Takut seringkali dilupakan pemasar karena merupakan bahasa universal yang paling tua dan paling sulit diolah menjadi pesan dibandingkan dengan humor dan sex. Hanya saja jika ada momen yang pas seperti wabah SARS, tragedi bom Bali, maka peluang ini baru dimanfaatkan pemasar.

Padahal, takut merupakan motivasi yang memiliki daya jual yang jauh lebih tinggi ketimbang humor dan sex.

Maka dari itu, temukan rasa takut itu, kemas dan jual dengan bagus, maka sukses terjamin ditangan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar